Surabaya Raih Penghargaan Kota Cerdas RKCI 2017

By Admin

nusakini.com--Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Kota Surabaya. Kali ini Kota Pahlawan meraih penghargaan sebagai kota terbaik di Indonesia kategori utama Rating Kota Menuju Cerdas (Smart City), Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (11/12). 

Surabaya menerima penghargaan kategori Kota Besar, selain Surabaya 15 kota lain yang mendapatkan penghargaan ini adalah Bandung, Semarang, Bekasi, Tangerang Selatan. Sedangkan untuk Kota Sedang adalah Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakarta, Kediri. Untuk Magelang, Sawahlunto, Bontang, Tual, dan Bukittinggi adalah kota yang menerima penghargaan untuk kategori Kota Kecil. 

Kota Cerdas sendiri merupakan kota yang dinilai mampu mengelola sumberdayanya secara efektif dan efisien, dengan melakukan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan meyediakan layanan dan infrastruktur pendukung guna meningkatkan kesejahteraan warganya. 

RKCI ini merupakan kegiatan yang digagas oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Kegiatan ini adalah hasil tindak lanjut dari rangkaian kegiatan survei dan kajian kesiapan kota cerdas terhadap 93 kota di seluruh Indonesia. 

Melalui kegiatan 2 tahunan yang dimulai sejak 2015 ini, RKCI melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakternya masing-masing. Diharapkan dengan kegiatan tersebut agar menjadi pendorong terwujudnya redistribusi pembangunan kota dan desa serta mengurangi kesenjangan antarkota di Indonesia. 

Selain penghargaan kategori Rating Kota Menuju Cerdas, Surabaya juga menyabet penghargaan di 13 kategori lainnya yakni : 

-Rating Ekonomi Cerdas (Smart Economy) 

-Rating Sosial Cerdas (Smart Social)

-Rating Lingkungan Cerdas (Smart Environment)

-Rating Kesehatan Cerdas (Smart Health)

-Rating Mobilitas (Smart Mobility)

-Rating Keamanan dan Kerencanaan Kota (Safe and Secure City)

-Rating Pengembangan dan Pengelolaan Kota (Smarter Way)

-Rating Digital Government Readiness

-Rating Kesiapan Integrasi (Integration Readiness)

-Rating Kesiapan Infrastruktur (Infrastructure Readiness)

-Rating Ekosistem Kompetitif

-Rating Ekosistem Inovasi

-Rating Ekosistem Teknologi Finansial. (b/ab)